• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

    Galigo TV
    17 Juli 2024, 22.19 WIB Last Updated 2024-07-17T14:22:15Z
    masukkan script iklan disini


     

    Galigo.tv - Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word (Ms Word) untuk penulisan makalah, buku, skripsi, tesis, disertasi, dan jenis karya ilmiah lainnya. Daftar isi adalah bagian penting dari sebuah karya ilmiah yang membuat komposisi pembahasan sekaligus petunjuk atau penanda halaman tujuan masing bab atau sub bab. Daftar isi memudahkan pencarian setiap bagian yang diperlukan oleh pembaca, sehingga harus dengan hati-hati dan cermat terutama dalam menyesuaikan nomor halaman tujuan.


    Apa itu daftar isi? Secara umum daftar isi diartikan sebagai kumpulan judul dari setiap bab serta subbab dari suatu naskah karya ilmiah atau jenis dokumen lainnya yang dilengkapi nomor halaman. Tujuan pembuatan daftar isi atau kegunaan daftar isi adalah memberi gambaran garis-garis besar isi naskah/dokuemen damam bentuk komposisi yang menunjuk pada letak halaman masing-masing bab maupun subbab.


    Pembuatan daftar isi umumnya dibuat secara manual di Ms Word dengan mengetik satu persatu bagian bab dan subbab serta memberinya titik-titik berbentuk garis dan halaman di sisi kanannya. Padahal daftar isi dapat disusun secara otomatis, sehingga lebih dan bisa cepat. Berikut 3 langkah membuat daftar isi secara otomatis di Ms Word:


    1. Pastikan bahwa setiap bagian/bab karya anda telah memiliki judul serta nomor halaman yang bernar.

    2. Letakkan korsor pada halaman kosong di Ms Word dan selanjutnya klik "Refferences" pada toolbar atau deretan menu di bagian atas layar komputer.


    3. Klik ikon "Table of Contents" yang tersedia di menu "Refferences"


    4. Pilih style daftar isi sesuai keinginan anda pada pilihan yang tersedia.


    5. Daftar isi anda sekarang selesai dan dapat melihatnya sudah tersusun secara otomatis pada halaman kosong yang anda tentukan sebelumnya.


    Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa juka anda ingin mengubah teks atau pargraf dalam suatu bab, maka cukup blok teks yang anda ingin hapus lalu tekan tombol "Backspace" di keyboard. 


    Demikianlah cara membuat daftar isi di Ms Word dengan cepat, semoga bermanfaat.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +